Apa kepanjangan dari….

24 Mar

Tahukah anda bahwa “XP” pada “Windows XP” merupakan sebuah singkatan ?

Tahukah juga anda bahwa banyak pemegang kartu kredit yang tidak tau kepanjangan dari “ATM” ?

DAN….tahukah anda bahwa banyak anak sekolah/mahasiswa yang tidak tau kepanjangan dari “SPP” ??

Yap, kalo kita tanyakan apa itu “SPP”, pasti orang akan kompak menjawab : “uang sekolah”.

  • Anak : “Mama, kepanjangan SPP apa sih ?”.
  • Ibu : “SPP tuh Uang Sekolah nak…”.

Contoh lain yang mungkin ada :

——–

  • A : “Eh temenin ke pameran komputer donk, gw mau nyari LCD buat komputer dirumah”.
  • B : “okee..jadi, LCD kepanjangannya apa ya ?”.
  • A : “ituu..gatau sih, pokonya yg flat, layar datar gitu…”.

——–

Ato simak pengalaman gua waktu nyari tripod dan kamera di salah satu toko elektronik terbesar di Bandung.

  • Gw : “mas mw nanya SLR yang bagus donk merk apa”.
  • Penjual (pj) : “oh ada 2 yang bagus, Canon ama Nikon”.
  • Gw : “yang bagus keren jempolan mantap eksklusif elegan tahan lama tahan aer tahan banting tapi murah yang mana mas ?” (insting nyampah mulai muncul..).
  • pj : “2 2 nya juga bagus mas, tergantung kebutuhan aja”.
  • Gw : “oke deh, ngomong-ngomong  kepanjangan SLR apa sih mas ?”.
  • pj : “SLR ? SLR ya itu mas, yang beda dari digicam biasa, biasanya yang make tuh yang uda pro, macem wartawan gitu mas..”.
  • Gw : “oh gitu…yauda deh, nanya dulu ya mas, makasih”.

emang cuma pengen nanya sih, nanya kepanjangan “SLR” hahahahaaa. :P

————

Karena itu, berikut ini gw coba kumpulin beberapa singkatan yang tergolong sering digunakan di kehidupan sehari-hari. Tidak perlu hafal, tapi cukup pernah tau dan inget. :)

————

CDMA = Code Division Multiple Access.

GSM = Global System for Mobile Communications.

SIM (as in “SIM Card”) = Subscriber Identity Module.

R-UIM (as in “UIM Card”) = Re-Usable Identity Module

GPRS = General Packet Radio Service.

LCD = Liquid Crystal Display.

RAM = Random Access Memory.

Wi-Fi = Wireless Fidelity. (fidelity = ketepatan, keakuratan).

LAN = Local Area Network.

Kbps = kilo bit per second

KBps = kilo byte per second

* 1 byte = 8 bit.

so then 512 kb/s (512 kilo bits per second)  = 64 kB/s (64 kilo bytes per second).

HDTV =High Definition Television.

CCTV = Closed Circuit Television.

ATM = Automatic Teller Machine / Automated Teller Machine.

DVD = Digital Versatile Disc / Digital Video Disc.

VCD = Video Compact Disc.

HDD = Hard Disk Drive.

mp3 = MPEG-1 Audio Layer III.

USB = Universal Serial Bus.

VGA = Video Graphics Array / Video Graphics Adapter.

www (read : triple-double-u) = World Wide Web.

XP (as in “Windows XP“) = eXPerience.

httpHyper Text Transfer Protocol.

html = Hyper Text Markup Language.

FM – AM (as in “101.2 Oz Radio FM/AM Bali”) = Frequency Modulation or Amplitude Modulation.

am – pm (as in 2:00 p.m / 2:00 a.m) = ante meridiem or past meridiem(dulu gw kira “after midnight” / “pre midnight”). :D

(D) SLR = (Digital) Single Lens Reflex.

—————

SOS = Save Our Souls /Save Our Ship*

*menurut info sih sebenernya SOS bukan singkatan, tapi asalnya dari kode Morse yang paling gampang diperagakan, yaitu ” . . . – – – . . .” (bergantian 3 kali ‘titik’, 3 kali ‘garis’, 3 kali ‘titik’, dan seterusnya). Kebetulan pola huruf yang terbaca adl S-O-S, jadi dibikinlah singkatan diatas. Sebenernya sih bisa aja singkatannya jadi “O-S-O” ato “O-S-O-S” hahahaa. :P

HIV = Human Immunodeficiency Virus. (<— nama virus, bukan nama penyakit).

AIDS =Acquired Immune Deficiency Syndrome. (<—- ini baru nama penyakitnya).

ICU = Intensive Care Unit.

ICCU = Intensive Coronary Care Unit.

————–

TOEFL = Test of English as a Foreign Language.

IELTS = International English Language Testing System.

a.k.a = as known as.

CMIIW = Correct Me If I’m Wrong.

IMHO = In My Humble Opinion.

PM = Private Message (ato private MASSAGE :P ). Biasa disebut “japri” — jalur pribadi.

YAHOO = Yet Another Hierarchical Officious Oracle.

A&W (Restaurant) = Roy Allen & Frank Wright.

*bisa dicoba ditanyakan sendiri ke petugas A&W di cabang terdekat di kota anda, mungkin saja ada yang gabisa jawab. :P

BMW = Bavarian Motor Works.


————–

SPP = Sumbangan Pembinaan Pendidikan.

CV = Commanditaire Vennotschaap / Persekutuan Komanditer.

—————

*Berikut ini adalah bukti bahwa orang Indonesia sangat KREATIF dalam membuat singkatan.  :D

Cipularang = Cikampek-Purwakarta-Padalarang.

Jabotabek = Jakarta-Bogor-Tanggerang-Bekasi.

Jagorawi = Jakarta-Bogor-Ciawi. (bukan “Jakarta-Bogor-BETAWI” !! ) :P

Gerbangkertosusila = Gresik-Bangkalan-Mojokerto-Surabaya-Sidoarjo-Lamongan.

Barlingmascakeb = Banjarnegara-Purbalingga-Banyumas-Cilacap-Kebumen.

Pawonsari Bakulrejo = Pacitan-Wonogiri-Wonosari-Bantul-Kulonprogo-Purworejo.

Joglosemar = Jogja-Solo-Semarang.

————–

Singkatan terakhir, sebagai orang kimia, ada 1 istilah yang gw baru tau pas mau sidang sarjana kemaren.

Ksp (not ‘KSP’ !!) = Solubility Product constant.

Ternyata yang singkatannya tuh yang “SP” nya (Solubility Product).

K“-nya sendiri berarti Konstanta/tetapan. Penggunaannya sama kaya di ‘Ka’ (tetapan kesetimbangan asam), ‘Kw’ (tetapan kesetimbangan air), dll.

Selama ini kan kalo ditanya singkatan KSP apa? Pasti jawabannya “Hasil Kali Kelarutan”….. HKL donk bu ? :D

————-

Sekian dulu,

GBU

:)

———–

sumber : Profesor Google.

61 Responses to “Apa kepanjangan dari….”

  1. tamu March 24, 2010 at 2:05 pm #

    jadi SPP apa bos?

  2. malicemrc March 24, 2010 at 2:09 pm #

    jadi SPP apa bos?

    Sumbangan Pembinaan Pendidikan bos, ada kok disitu :D

  3. Grace April 1, 2010 at 4:21 pm #

    Sumbangan?
    Berarti ga bayar juga gapapa dong ya :lol:

  4. malicemrc April 1, 2010 at 10:21 pm #

    Sumbangan?
    Berarti ga bayar juga gapapa dong ya :lol:

    betuuulll seharusnya gitu hahhahahaha :D

  5. riday saputra July 29, 2010 at 8:56 pm #

    singkatan dari uim card apa

  6. malicemrc July 29, 2010 at 9:01 pm #

    R-UIM = Re-Usable Identity Module :D

    singkatan dari uim card apa

  7. uti August 3, 2010 at 10:46 pm #

    good…
    knowladge….

  8. malicemrc August 4, 2010 at 10:58 am #

    thanks, Uti :D

    good…
    knowladge….

  9. Yudi September 25, 2010 at 12:07 pm #

    Keren keren

    klu kepanjangan dari “SLR” mc laren apa?

  10. malicemrc September 25, 2010 at 11:31 pm #

    wah apa tuh maksudnya, gtw heheee

    Keren keren klu kepanjangan dari “SLR” mc laren apa

  11. Yudi October 3, 2010 at 6:08 pm #

    Oya oya,
    klu kepanjangan HVS apa?
    kertas HVS?

  12. malicemrc October 7, 2010 at 12:30 pm #

    ada yang bisa bantu ? gw juga gatau hahaa :D

    Oya oya, klu kepanjangan HVS apa? kertas HVS?

  13. Noe November 29, 2010 at 3:01 pm #

    koreksi dikit,
    a.k.a tu bukan as known as.
    a.k.a. = ALSO known as = dikenal juga sebagai

  14. mamaponi December 8, 2010 at 5:42 pm #

    wiii…thanks…sumprit banyak yg gua baru tau loh heehe…

  15. malicemrc December 9, 2010 at 10:01 pm #

    terimakasih banyak Noe atas masukannya :D

    koreksi dikit,
    a.k.a tu bukan as known as.
    a.k.a. = ALSO known as = dikenal juga sebagai

  16. malicemrc December 9, 2010 at 10:02 pm #

    sama-samaa, heheee

    wiii…thanks…sumprit banyak yg gua baru tau loh heehe…

  17. nova January 22, 2011 at 6:08 pm #

    kepanjangan dari kertas HVS apaaaaaaaaaa ????????

  18. sandy January 23, 2011 at 7:25 am #

    makacibgt ats ilmunya bro….!!!!
    ijinin dicopy y!!!!
    he he heeeee

  19. malicemrc January 24, 2011 at 10:24 am #

    ada yang bisa bantu ? :D

    kepanjangan dari kertas HVS apaaaaaaaaaa ????????

  20. malicemrc January 24, 2011 at 10:25 am #

    silahkan :)

    makacibgt ats ilmunya bro….!!!!
    ijinin dicopy y!!!!
    he he heeeee

  21. Anastasia January 29, 2011 at 9:26 pm #

    HVS itu singkatan dari bahasa belanda, HoutVrij Schrijfpapier, artinya kertas buat nulis yg tidak berserat kayu.
    (hout=kayu, frij=pere=bebas, schrijf=tulis , papier=kertas),
    HVS bahas inggrisnya UCWF, singkatan dari UnCoated WoodFree

    sumber : http://www.forums.apakabar.ws/viewtopic.php?f=1&t=52033&start=90

  22. malicemrc January 31, 2011 at 5:44 pm #

    terimakasih banyak infonya, anastasia :)

    HVS itu singkatan dari bahasa belanda, HoutVrij Schrijfpapier, artinya kertas buat nulis yg tidak berserat kayu.
    (hout=kayu, frij=pere=bebas, schrijf=tulis , papier=kertas),
    HVS bahas inggrisnya UCWF, singkatan dari UnCoated WoodFree

    sumber : http://www.forums.apakabar.ws/viewtopic.php?f=1&t=52033&start=90

  23. Anastasia February 1, 2011 at 8:07 pm #

    sama2 mas… senang bisa berbagi….

  24. aal February 2, 2011 at 12:51 am #

    kalo “MASR” tau ga gan(kaskuser)???

  25. malicemrc February 4, 2011 at 5:16 pm #

    siip :D

    sama2 mas… senang bisa berbagi….

  26. malicemrc February 4, 2011 at 5:17 pm #

    wah apa tuh gan, ane nubi, jadi gatau :P

    kalo “MASR” tau ga gan(kaskuser)???

  27. Riendra March 6, 2011 at 10:55 am #

    Kalo di Terminal Purwokerto ada istilah trayek yang lucu..yaitu Longok Barang Ayu. Singkatan dari Cilongok-Ajibarang-Bumiayu

  28. anggie March 22, 2011 at 5:56 pm #

    suka aku artikel ini bagus…makasih ya…simpel tp berguna…jad ga sok pinter padahal bego

  29. malicemrc March 29, 2011 at 5:20 pm #

    hahaaa..makasih masukannya, riendra :D

    Kalo di Terminal Purwokerto ada istilah trayek yang lucu..yaitu Longok Barang Ayu. Singkatan dari Cilongok-Ajibarang-Bumiayu

  30. malicemrc March 29, 2011 at 5:20 pm #

    terimakasih anggie :D

    suka aku artikel ini bagus…makasih ya…simpel tp berguna…jad ga sok pinter padahal bego

  31. ombilin pakpahan April 11, 2011 at 5:21 pm #

    klo kpanjangan dari DISC apa bosss..

  32. malicemrc April 11, 2011 at 5:42 pm #

    kl DISC dalam kerangka disket, ga ada singkatannya,,singkatan DISC yang lain banyak, bisa dilihat di wikipedia : disc :D

    klo kpanjangan dari DISC apa bosss..

  33. moecha April 13, 2011 at 10:14 pm #

    izin copy ya mas…

  34. malicemrc April 14, 2011 at 7:05 pm #

    monggo mas,,

    izin copy ya mas…

  35. panji rangga June 9, 2011 at 12:14 am #

    terima kasih infonya ya gan…

  36. malicemrc June 9, 2011 at 10:58 am #

    cendolnya gan… :D

    terima kasih infonya ya gan…

  37. Zacky July 23, 2011 at 12:30 pm #

    menarik sekali,sangat berguna

  38. malicemrc July 27, 2011 at 11:39 am #

    thanks, zacky :D

    menarik sekali,sangat berguna

  39. ebujour October 20, 2011 at 12:57 pm #

    Haha..
    Singkatan yg lazim emang digunakan tp banyak yg gak tw.
    Thx buat postingannya..
    Bermanfaat bgt.

  40. malicemrc October 20, 2011 at 1:29 pm #

    yoi, sama2, ebujour :D

    Haha..
    Singkatan yg lazim emang digunakan tp banyak yg gak tw.
    Thx buat postingannya..
    Bermanfaat bgt.

  41. dedek October 28, 2011 at 8:48 pm #

    nice artikel… :-)

  42. malicemrc October 29, 2011 at 4:50 pm #

    thanks :)

    nice artikel…

  43. velda November 29, 2011 at 5:44 pm #

    woy kepanjangan UULAJ apa??////

  44. Aniezfty Cyanksiieandreszo December 29, 2011 at 8:40 pm #

    siipp…
    aqw bsa mengetahui singkatan nich…
    thankz..

  45. malicemrc December 29, 2011 at 11:01 pm #

    sama2 :D

    siipp… aqw bsa mengetahui singkatan nich… thankz..

  46. abdi February 4, 2012 at 4:38 am #

    keren……!!

  47. malicemrc February 4, 2012 at 7:57 pm #

    thanks, abdi :D

    keren……!!

  48. Dwiseptiance May 7, 2012 at 7:51 pm #

    Thanks infonya..

  49. malicemrc May 21, 2012 at 6:43 pm #

    sama-sama, Dwiseptiance

    Thanks infonya..

  50. Syarif Rod Thegodofanime June 13, 2012 at 5:56 am #

    p.s itu apa artinya ….kayak nulis surat bawanya ada p.s” bla bla bla

  51. malicemrc June 25, 2012 at 2:05 pm #

    P.S = post scriptum :)

    sumber

    p.s itu apa artinya ….kayak nulis surat bawanya ada p.s” bla bla bla

  52. manurung April 5, 2013 at 4:40 pm #

    Tks ya bos tambah ilmu

  53. Bad boy May 7, 2013 at 7:38 am #

    I like it,

  54. malicemrc May 11, 2013 at 2:16 pm #

    thanks, Bad boy :D

    I like it,

  55. arum May 24, 2013 at 2:15 pm #

    hahaha… o gt.. Thanks..

  56. winnymarch July 2, 2013 at 2:09 pm #

    ngakak bacanya,, keren sih

  57. agsatar September 25, 2013 at 4:02 pm #

    wah jadi tahu dech… Nggak asal ngomong , makasih Gan, GBU

  58. malicemrc September 28, 2013 at 9:46 am #

    sama2 gan :D, GBU

    wah jadi tahu dech… Nggak asal ngomong , makasih Gan, GBU

Trackbacks/Pingbacks

  1. beli cctv - September 17, 2011

    toko cctv…

    [...]Apa kepanjangan dari…. « MaliceMrc[...]…

  2. website murah - November 25, 2011

    website murah…

    [...]Apa kepanjangan dari…. « MaliceMrc[...]…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,354 other followers

%d bloggers like this: