Past-PRESENT-Future

20 Jan

Banyak sesuatu yang menarik muncul dari hal yang sederhana. Sewaktu sekolah, kita diajarkan ada 3 bagian kehidupan manusia; past-present-future.

‘Past’ adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan apa yang telah terjadi (masa lalu), ‘present’ adalah segala sesuatu yang terjadi saat ini (masa kini), dan ‘future’ adalah segala sesuatu yang akan terjadi (masa depan).

Kita yang sekarang, dibentuk oleh bagus dan buruknya masa lalu kita. Ya, BAGUS dan BURUKnya masa lalu kita. Sesuatu yang terjadi di masa lalu, ya terjadilah, dan kita sama sekali tidak bisa mengubahnya karena itu sudah berlalu, dan jadilah kita yang sekarang, baik atau buruk. Karena itu, kehidupan kita sekarang tidak bisa kita gantungkan berdasarkan masa lalu kita. Kita tidak bisa terus menyalahkan masa lalu kita untuk apa yang kita alami sekarang. Satu2nya yang bisa kita lakukan adalah mengambil hikmah dan belajar dari pengalaman itu, untuk tetap mencapai tujuan dan cita-cita kita dimasa depan. Kapan kita melakukan itu? Itulah gunanya masa kini (present).

Masa kini adalah ‘gerbang’ antara masa lalu dan masa depan. Apa yang telah terjadi di masa lalu dapat kita perbaiki di masa kini untuk tetap mencapai tujuan kita di masa depan. Apa jadinya kalau seandainya tidak ada ‘masa kini’? Masa depan kita akan terus bergantung dari masa lalu kita, dan ini tidak benar. Masa kini adalah ‘hadiah’ dari Tuhan kepada manusia untuk belajar,belajar dan belajar dari masa lalu, untuk mencapai masa depan yang kita impikan.

That’s why it’s called “present”.

inspirasi tulisan dari : Mario Teguh, 18 Jan 09

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: