The Amazing Brain Train

2 Feb

Beberapa hari yang lalu, gw dapet game ini dari temen kuliah. . .si Gaos. . tapi sebelum2nya tau pertama kali dari Echa n Karim, yang rame ngegame ini di kosannya hahaha. . jadi penasaran. .

Nama gamenya : The Amazing Brain Train

Isinya, ada banyak game2 yang sifatnya educational menurut
gw. .secara garis besar, ada 5 kategori : “memory” games, “spatial” games,
“planning” games, “numbers” games, dan “search” games, yang tiap-tiap
kategorinya ada 3 games, jadi total 15 games. .

Semua game ini sangat menarik tanpa lupa mengasah otak kita,
karena ada game yang berhubungan dengan hitung-menghitung (matematika), daya
ingat, geometri, dan lain-lain, yang sedemikian rupa sehingga melatih kedua
sisi otak kita (logika, daya nalar, dan lain-lain).

Gw aja yang mahasiswa tingkat 4 termasuk menikmati game ini
ternyata ade gw yang kelas 3 SD pun ‘ketagihan’ juga. . dia paling seneng ama
game yang namanya “Brain Ball”, yang tadi gw bilang berurusan ama
itung-menghitung (matematika). . .yaaaahh . . lumayan, gw skalian ngelatih ade
gw matematik lewat games. . . . bukankah emang seharusnya content game itu ada
educationalnya?

Begitu pula dengan komik. Sekarang sudah banyak komik-komik
yang menyuratkan pengetahuan-pengetahuan umum yang tidak didapat di sekolah,
contohnya : Legenda Naga, Det. Conan, Negotiator, Dandoh, Shoot, Kotaro, dan
lain-lain. Sifat komik memang dituntut selain mengibur, tapi juga menambah
wawasan kita terhadap content komik tersebut.

Jadi para orang tua, jangan memandang tabu apa yang namanya
game atau komik, tapi cermatilah mana yang bisa menambah pengetahuan anak Anda
tentang dunia luar. Tapi juga jangan sampai anak anda kecanduan ngegame/komik
hingga lupa waktu belajar.

Leave a Reply

