fatwa haram MUI : golput

5 Feb

well. . gw nulis ini setelah beberapa malam yg lalu gw nonton metro tv as an election channelnya indonesia, yg ngebahas masalah ini : Fatwa Haram MUI. Salah satu yg menarik dan banyak didiskusikan adl mengenai Golput.

sebelum lebih jauh lagi, gw mencoba mengerti definisi dari ‘fatwa’. dlm acara itu diterangkan bhw fatwa itu salah satu dari 4 ato 5 bagian dari apaaaa gt (istilah agama Islam, gw gtw persisnya). . . bla bla bla. . pokonya ‘fatwa’ itu dikatakan tidak bersifat mengikat (mohon koreksi kalau salah). . . hmmm. . tidak bersifat mengikat. . kaya apa ya. . .norma??gatau jg deh. .  sekarang ke definisi ‘haram’. . sejauh ini, yg gw tau tentang ‘haram’ adl babi (utk umat muslim). . .kesannya ‘dilarang’ ; ‘tabu’ ; ‘berdosa’. . pokonya ‘gaboleh lah’. . . dlm salah satu artikel di web, ada paragraf seperti ini (gua copy paste)

Jangan berani-berani memainkan peran Allah dengan cara yang salah dengan mengklaim atau mengakui bahwa ini haram atau itu haram karena “keinginan pribadi” atau umumnya karena hanya mengikuti dan membeo ketentuan dan kebiasaan dari orang-tua, nenek moyang, tradisi, dari manapun itu bersumber! Kita harus INGAT bahwa kalimat: “ini halal atau itu haram” hanya bisa diucapkan oleh Allah, tuhan dan junjungan kita. Tolong diingat dan dipatri dalam hati anda, bahwa jika ada seseorang yang bertanya kepada anda: “Apakah ini Haram?” – jawablah: “Jika hal ini tidak pernah dinyatakan haram oleh Allah, tidak ada kekuasaan apapun di dunia ini yang bisa menentukan bahwa hal ini haram.” Mudah-mudahan Allah membimbing kita ke dalam cahaya-Nya.

so, kembali ke fatwa haram golput, bila didefinisikan lebih lagi, maka singkatnya “golput itu haram, dilarang, dan berdosa”. . berbicara mengenai fatwa haram golput, tidak lepas dari nuansa agamis dan politis. . bagaimana tidak, fatwa ini muncul menjelang pemilu 2009. . .well. . singkat cerita, kita diharuskan memilih. . kl ga milih, lu berdosa

gimana ga bertentangan dgn frasa “hak memilih” ? kata slh satu narasumber dlm acara itu, yg dipermasalahkan bukan ‘golput’nya, tapi pilihan antara memilih ato tidak memilih. . untuk mencapai demokrasi yg baik, harus ada partisipasi aktif dari masyarakat. . tapi ya itu. . . kan sudah dijelaskan sejak lama di undang-undang, ada istilah “HAK memilih”. . .kenapa fatwa ini ga muncul dari dulu aja, sebelum disahkannya undang-undang yg menggunakan istilah “HAK memilih”. . ?? kenapa baru muncul sekarang ??

salah satu nara sumber pun menjawab, fatwa ini dikeluarkan berdasarkan data dari pilkada kemarin. . jumlah golputnya cukup tinggi. . . lalu nara sumber yg lain menambahkan bahwa kita harus memilih. . dia berpegang dalam hukum Islam, kl ada pemimpin yg baik saleh takwa mandiri dll dll dan tidak kita pilih, itu haram hukumnya. .

si presenter lalu menanyakan, kl menurut masyarakat diantara sekian banyak caleg tidak ada yg sesuai dengan kriterianya, lalu kita harus memilih siapa? nara sumber yg sama menambahkan : kita (MUI maksudnya kali ya..?) asumsikan, diantara banyak caleg, pasti ada yg seperti itu –saleh takwa jujur baik mandiri dll dll– *hahaha. . emang bole ya nentu-nentuin ‘asumsi’ dlm keadaan kyk gini . . kl gt, gw asumsikan aja gaada caleg yg memenuhi kriteria diatas. . boleh kan??

oke, kita terusin dikit dari apa yg dikatakan narasumber : …kita asumsikan, ada. . . pertanyaan gw : kita tau darimana??? how would i know?? pemilu sekarang partainya banyak. . masing2 partai punya lebih dari 3 caleg. . jadi apakah MUI menyuruh masyarakat utk mempelajari masing2 caleg dari masing2 partai ?? kebayang, ntar ada iklannya. . “pergunakanlah waktu anda dari sekarang untuk mengenal lebih dalam caleg2 yg ada. . .GOLPUT itu HARAM lho. . “ hahaha. . .

keadaan pemilu sekarang membingungkan. .banyak partai yg visi-misinya mirip2. . pemilih tambah bingung. . calon yg kayaknya bakal gw pilih, ya yg gw tau aja. . pak SBY ato pak JK ato Bu Megawati. . .

masing2 membawa programnya masing2 : pak SBY dengan penurunan harga BBMnya, pak JK dengan swasembada pangannya, dan bu Megawati dengan. . . . apanya ya?? wakil presidennya udah fix blm sih??hohoho. .

sekian dulu ah. . peace for all that live on earth ^_^v

2 Responses to “fatwa haram MUI : golput”

  1. malicemrc October 17, 2009 at 5:34 pm #

    oke makasi ya😀

  2. dir88gun March 28, 2009 at 10:58 am #

    assalamu alaikum wr. wb.

    Permisi, saya mau numpang posting (^_^)

    http://ulamasunnah.wordpress.com/2008/06/03/menggugat-demokrasi-daftar-isi/
    http://hizbut-tahrir.or.id/2009/03/24/hukum-pemilu-legislatif-dan-presiden/

    sudah saatnya kita ganti sistem, semoga link di atas bisa menjadi salah satu rujukan…

    Terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.
    Mohon maaf kalau ada perkataan yang kurang berkenan. (-_-)

    wassalamu alaikum wr. wb.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: