Style Evolution

27 Sep

Sabtu, 29 September 2009.

Gw bikin tulisan ini karena gw lagi pusing, mau wisuda tapi blm punya jas sendiri. Ada sih bekas punya papa, tapi kata tante gua, itu uda kuno, uda jaman dulu punya, and gw disuru bikin ato beli jas baru, yang jaman sekarang punya.

So pada akhirnya gw searching, bagaimana sih bentuk jas jaman sekarang ?

Gua liat tivi, liat acara berita gitu macem kabar petang, liputan 6, dll. Biasanya kan presenternya pada make jas tuh, sapa tau dapet inspirasi. Ternyata susah juga, soalnya mereka kalo lagi bacain berita kan pada duduk, jadi ga keliatan jas nya.

Trus gw diingatkan ama temen gw yang cerita kalo dia baru aja ketemu Choky Sitohang di gereja, beberapa minggu lalu. Gw langsung aja ngikutin acaranya yang lagi beken, Take Me Out Indonesia. Dan emang ternyata bener, jas yang dia pake tuh keren-keren.

Choky Sitohang

Oke, gw jadi pengen bikin yang warna itemnya. Ato warna putih kaya diatas uda bagus ? Tapi takut gampang kotor hehehe.

So, masih mengenai pencarian bentuk jas seperti apakah yang jaman sekarang punya, akan sulit kalo nanya ke orang awam. Tentu pandangan orang berbeda-beda. Misalnya untuk suatu jas A (misalnya), bisa saja satu orang bilang “oooh jas ini mah taun 95-2000an“, tapi menurut orang laen “wah keren, ini baru yang namanya jas masa kini alias taun 2005 keatas“.

Hal-hal rancu diatas mungkin bisa teratasi dengan pengetahuan yang benar tentang fashion. Kebetulan gw nemu satu site yang isinya lumayan bagus tentang fashion ato style, yaitu esquire. Mungkin situs ini uda familiar di telinga anak-anak seni ato FSRD.

Di situs tersebut, gw menemukan suatu bagian menarik yang membahas tentang “Style Evolution“. Yup, mangkanya langsung gw jadiin judul postingan, karena emang itu tujuan gw : memberi gambaran tentang evolusi style/trend gaya berpakaian formal.

Disini akan gw tunjukkan bagaimana evolusi dari suatu trend style/gaya berpakaian formal, mungkin dari sekitar 20 tahun kebelakang.

Check this out !

  • 1987-an
ini adl contoh jas di tahun kelahiran gua. Bentuknya gede gombrang pisan kaya mafia di TV.

gombrang kaya para mafia di TV.

  • 1991-an
Looks simple..or too simple ?

Looks simple..or too simple ?

  • 1994-an
coklatnya PAS :D
  • 1996-an
simple but elegant, i think. I can deal with it

simple but elegant, i think.

  • 1997-an
mulai tampak perbedaan pada posisi kancing jas

posisi kancing mulai ber-evolusi.

  • 2000-an
2000

gabungan 1994 dan 1997 ?

  • 2005 (awal)
so simple, mungkin kesannya "santai tapi formal"

so simple, "santai tapi formal"

  • 2005 (akhir)
masih di tahun yang sama (2005), dan masih berkesan "santai dan formal". Mungkin mulai tahun 2005 jas dibentuk sedemikian rupa sehingga "fit in" di segala suasana

Mungkin mulai tahun 2005 jas dibuat sedemikian rupa sehingga "fit in" buat segala suasana.

  • 2006-an
kembali ke dasi kupu-kupu?

dasi kupu-kupu?

  • 2008-an
back to 1996, as simple as elegant as possible :D

back to 1996, as simple as elegant as possible😀

———-

Sekian

GBU

🙂

———-

*sumber : esquire.com.

Leave a Reply

