review__petualangan Marcell bersama teman2nya di ITB : semester 3

20 Nov

Hai temans ! Jumpa lagi di catatan bersambung edisi kehidupan kampus gw. Hehehee. Setelah selesai dengan review tahun pertamanya di ITB (semester 1 dan semester 2), kali ini gw coba masuk ke tahun kedua alias semester 3. Mungkin cara pemberitaannya agak sedikit berbeda, dimana untuk semester ini gw ga nyeritain per orang, tapi per mata kuliah. Kejadian-kejadian apakah yang berkesan di tiap mata kuliah? cek this out !

~~~

Pasti pada setuju kalo di semester 3 ini kita uda mulei disibukkan dengan yang namanya Praktikum. Hahaha. Ga cuma itu aja, tapi juga ada Laporan, Tugas Pendahuluan, dll dll.  Orang yang tidurnya paling pulas seangkatan pun kalo dibisikin, “Oi laporan oi..”, pasti langsung bangun sambil panik hahahahahaha. Pada masa-masa ini gw mulai terjerembab dengan kerasnya kehidupan di kimia, sampe-sampe gabisa ikut melulu kalo diajak maen ama temen-temen SMA gw.

Temen SMA, “Nay (panggilan gw ‘sinay’ pas SMA), maen yok.”

Gw, “Duh gabisa euy, kudu ngerjain laporan”.

1 minggu kemudian..

Temen SMA, “Nay, jalan-jalan yuk, uda pada bisa ngumpul nih”.

Gw, “Wah sory euy, gabisa ikut”.

3 minggu kemudian…

Temen SMA, “Nay bisa maen gak ?!”  <—– pertanyaannya uda berubah.

Gw, “Gabisa euy, sibuk”  <——- jawaban sok ala direktur.

Temen SMA, “Ampe kapan lu teh sibuk mulu ?”.

Gw, “Sebulan lagi kayanya praktikumnya udahan”.

6 minggu kemudian…

Temen SMA, “Nay nomad yu senen malem di Ciwalk, gw traktir”.

Gw, “Ck ! Gabisa, lagi minggu UTS” <—— uda mulei mengeluh.

Temen SMA, “Edan lu kapan ga sibuknya edaan udalah lu ga diajak maen lagi siah nay”  <—- mengancam!

Gw, “Semester ini kayanya gabisa maen ey, sorry” <—- jawaban hopeless.

Hahahahaha itulah sepenggal kisah yang tak sempurna dan tak berujung antara gw dan temen-temen SMA gw yang kebanyakan kuliahnya di universitas swasta dan (tampaknya) belom begitu sibuk pas tingkat 2. Gw jamin pasti kalian juga ngerasain hal yang sama kaya gw diatas. Hahaha. Gapapa deh, coz gw uda sadar yang namanya kuliah di ITB ga akan bisa nyantei. Ganbate !

~~~

Kembali ke semester 3, kita liat ada mata kuliah apa aja nih. Hmm, yang pertama adalah Fisika Modern. Dosennya Pak Freddy. Gw coba mengingat-ingat ada kejadian apa di kuliah ini…………kynya ga ada kejadian menarik, soalnya gw gabisa fisika. Hahaha. Amit-amit dah kalo misalkan ada kuis lisan dadakan :

Marcell, dimana kamu bisa menemukan elektron dengan kebolehjadian tertinggi ?”.

Gw bakal jawab, “Meneketembreng pak, di stasion Gambir mungkin?”. Haghaghaghaghaghag.

Tingkat energi yang bagaimana yang sesuai dengan fungsi gelombang yang mengikuti kaedah Hund ?“.

“Pada saat energi segini, dimana elektron berada ?”.

“Kenapa elektron ga ada disini ?”.

“Kenapa adanya di pojok situ ?”.

“Ngapaen aja elektron didalem kotak 1 dimensi ?”.

HHUUUUUEEEEKKKKKKHHHHH bisa muntah elektron gw lama-lama.

Di mata kuliah inilah gw ampe kesel ama tokoh yang namanya Schrodinger itu yang katanya punya resep-resep persamaan buat nemuin kedudukan elektron. Inget ga tentang pemikiran dia yang ada kucing didalem kotak, yang ada racun-racunya gt? Haduh plis deh…not importante.

Coba aja kalo tokoh ini ga ada, mungkin fismod gw bisa dapet A. Hahahahahaha.

As fas as I can catch (sejauh yang bisa saya tangkap) inti dari fismod ini adalah lo harus bisa nemuin posisi elektron.

Itu aja?

Yap.

That’s it?

Yes it is.

Perhitungannya rumit abis kaya kode ukiran di piramid Mesir Kuno yang blm terpecahkan. Begitu terpecahkan, eeehhh itu masih berupa KEMUNGKINAN. Gimana ga putus asa, kalo lu udah ngotret semalam suntuk, dan lo finally menemukan posisi elektronnya, n then lo bilang ke dosen,

Nih pak, saya uda ngotret siang malam nonstop -bahkan saya mimpi saya lagi ngotret-, akhirnya ketemu dimana si elektron berada”.

Dosen : “Oh iya? Wow banget ! Mana dimana anak kambing saya ?”.

Lo : KEMUNGKINAN di sebelah sini pak”.

Ghahahahahahahaha. In other words jawaban lo belom fix, belom tentu bener, MASIH BERUPA KEMUNGKINAN ckckckckckck.😛

Peace anak-anak fisika n komputasi! Peace on earth ! Greenpeace !!   v(^.^)v

~~~

Kita tinggalkan Fisika Modern, langsung menuju mata kuliah yang laen, yaitu Matematika Sains alias Matsa atao Matematika Sadis ! Dosennya keren sih menurut gw. Namanya Koko Martono. Isi diktat kuliahnya juga sama kaya fismod : penuh angka dan lambang-lambang aneh. Kalo gw nemu diktat itu ditengah jalan, gw bakal nyangka kalo itu adalah buku bersejarah dari peradaban suku Aztec Kuno abad 9 SM coz banyak simbol aneh yang ga pernah gw liat. Gw kasi ke museum deh. Hahahaha.

Yang berkesan dari matsa ini adalah pas ujian kita boleh bawa lembar contekan setengah A4. Sebagai mahasiswa normal pasti kita semua langsung nyalin SEMUA contoh soal yang ada di diktat dengan tulisan sekecil-kecilnya. Kecil sekecil-kecilnya pisan, biar 1 diktat setebel 40 halaman bisa muat di setengah lembar kertas. Luar biasa, skala perkecilannya adalah 80 x (40 halaman jadi setengah lembar). Sekecil apa itu ujung bolpen?? Untung gw ga ngeliat ada yang sampe minjem mikroskop ke lab biokim cuma buat ngebaca contekannya pas ujian. Hahahaha.

Ada 2 nama yang gw inget berkenaan dengan matsa ini. Asri Sri Rahayu alias Unyil, yang kalo ga salah sempet punya nilai ujian tertinggi. 98 ! Gila. Itu otak apa chip kalkulator. Hahaha. Nama kedua adalah siapalagi kalo bukan sang SuperHan alias Handajaya Rusli. Hahahahaha. Dia ini ditegur ama si dosen gara-gara ngobrol dikelas. Pelajaran buat lu Han, kalo mau bisik-bisik dikelas tu TOA harap di nonaktifkan dulu haghaghaghaghaghahag.

Gw akan tutup pembahasan tentang kuliah matsa ini dengan satu kalimat dari Pak Koko yang masih terngiang-ngiang di kuping gw…….

cheating is a part of survival

Like this pak  !!

———————————————–

Oke sekarang masuk ke prodi kimia tercinta, dimulai dari Kimia Analitik I alias KA 1. Gw sih (genap) kebagian dosennya Pa Buchari. OMG, dengan segala hormat, dosen ini suaranya keciilllllllllll banget. Hahaha. Pasti uda pada tau la ya. Ada 1 kuliahnya ruangannya di GKU barat gt, ah udah dah itu mah.

Kalo lu ga kebagian duduk di bangku deretan paling depan, lu ga bakal bisa denger suaranya (Serius! Di barisan kedua dari depan suaranya uda ga kedengeran). Kita-kita yang duduk mulai dari deret ketiga ampe paling belakang cuma bisa berharap si bapak lebih banyak nulis di papan daripada ngomong. Walkisah gw kalo kuliah ini seringnya baca komik. Hahahaha.😛

Btw percaya ga lo lo pada, kalo gw pernah ngebuat Pa Buchari ini ketawa cekikikan di depan kelas?? Hahahaha saksinya adalah si Christine yang duduk di belakang gw, dan Devi disamping gw (Uda pada tau la ya artinya apa kalo gw duduk di sebelah Devi. Artinya gw duduk di deretan paling depan😛 ).

Pada saat itu rambut gw kan uda mulei gondrong-gondrong eksotis gimanaaaa gitu (Hahahaha), dan sebelum kuliah dimulai gw menyempatkan diri ke kamar mandi buat cuci muka dengan tujuan biar ga ngantuk dikelas. Karena siang-siang, jadi biar ga panas gw skalian cuci tangan n basahin rambut juga. Dan karena kagok kalo cuma sekedar basahin doank, jadinya gw bilas lah itu smua rambut gw. Hahahaha. So gw masuk kelas dengan keadaan kaya orang abis keujanan : tangan, muka, rambut, semua basah.

Dan pas kuliah dimulai, ga butuh waktu lama buat bikin gw jenuh (heran juga sih kenapa bisa-bisanya gw duduk paling depan. Posisi skak mat : depan ada Pa Buchari, samping ada Devi). Gabisa ngobrol kemana-mana, tidur, ato makan siang, gw mulai maenin rambut gw. Dan gw keasikan maenin rambut gw yang masih basah, kriwel-kriwel gmnaaa gitu. Hahahaa. Akhirnya gw coba bikin poni Superman : poni huruf “S”, dan gw tunjukkin ke sebelah gw.

Sinayman😀

Si Devi langsung kaget kenapa disebelahnya tiba-tiba ada Clark Kent hahaha and dia langsung ketawa-ketawa gt. Sejak detik itu gw sibuk sendiri ama rambut gw, yang TANPA GW KETAHUI, si Pa Buchari ternyata juga meratiin kalo gw lagi sibuk ngatur-ngatur huruf “S” di jidat gw itu hahahahha.

Gw baru diceritain ama Christine n Devi pas bubar kuliah klo si bapak daritadi cekikikan mulu gara-gara ngeliat poni Superman gw hahahahahahaha.

~~~

Oke kita tinggalkan Kimia Analitik dan poni Superman gw, masuk ke kuliah berikutnya, yaitu Kimia Fisik I : Energitika. Kalo gasalah ini dosennya Pa Bunbun. Kesan gw…gilaaa gaenak banget kuliahnya dapet ruangan di depan himpunan elektro itu yang ada fotokopian ckckckckck ruang kuliah macem apeu itu hahaha ga enjoy lah ruangannya.

Ga ada yang nyangkut di ingatan gw kecuali 1 kejadian pas lagi praktikum. Entah KF1 ato KF2, pokonya yang modul Termokimia (A-1), yang ruangannya terpisah sendiri tea, terisolisir dari dunia luar. Gw inget banget gw lagi smangat buat praktikum, gw nyiapin semua materi semalem sebelumnya, jadi pas praktikum gw uda menguasai ceritanya hahahaha. Jam praktikum dimulai, pas masuk ruangan A-1 itu, eehhhhh tiba-tiba alergi gw kambuh.

Gw alergi debu, so kalo ada debu gw langsung bersin2 troos tiada henti. Walhasil sejak tes awal dimulai pukul 08.00 sampe detik mau keluar lab jam 11.00 kerjaan gw cuma 1 : bersin sana bersin sini. Hahaha. Tiap jengkal ruangan itu ga luput dari bersin gw hahaha yaeyalah secyaraa gituh, slama 3 jam praktikum itu gw cuma muter-muterin ruangan sambil bersin-bersin. Untung si kakak asistennya pengertian, jadi gw gapapa ga gawe ama skali. Hehehee.

Duh kak, saya alergi debu. Liat nih saya mw bersin…..WUACHEEE!!!……izin ga ikut kerja ya kak, takut nular ke temen-temen, kasian….”.

*ngeles*

Gapapa dah, toh kelompok gw (Catherine, Irfan, Kevin, Koyim) uda terbiasa kerja tanpa gw hahahahahaha (emang biasa gw gawenya ga bener)😛😛

~~~~~

Dari ruang termokimia, kita masuk ke mata kuliah trakhir, yaitu Kimia Organik I : Monofungsi. Gw kebagian dosen Pak Yana (dosen yang nyidang gw!!). Ini entah gwnya yang ga serieus ato dosennya yang ngajarnya ga bener, gw ga dapet ‘feel’nya kuliah ini. Gw suka ketuker-tuker mana yang reaksi organik SN1, SN2, E1, E2, sampe-sampe ga lulus hahahahaha shame on you, Marcell !!

Temen-temen seangkatan mah banyaknya yang ga lulusnya tuh di kelas ganjil (Bu Ciptati), ai ini gw uda dapet Pa Yana masih aja ga lulus..huh !! Jadi gw ngambil jatah SP ama Bu Cip. Anehnya, pas SP ama Bu Cip ini malahan lulus hahahahaha kadang-kadang emang gw suka ngelawan arus.

Pokonya mah kata Azis Adharis kimia organik tuh kaya futsal aja : saling serang.

Kalo gugus ini nyerang lewat sayap kiri, bisa gol ga? Kalo lewat sayap kanan? Ya bisa, kalo kipernya ga siap. Kalo kegolan, brarti dia kalah, kipernya kudu ganti. Hooo gitu tho..oke dah ziz !

~~~

Nah bicara tentang organik, ga lengkap kalo ga ngebicarain kejadian di lab alias praktikum. Gw punya satu nih ha5 kejadian kocak banget. Jadi hari itu tuh praktikumnya bikin kristal gt. Gw seperti biasa, kaga gawe hahahaha. Kerjaan gw selama praktikum adalah jalan-jalan kesana kemari mengelilingi lab, ngeliatin temen-temen pada gawe layaknya pimpinan praktikum. Secara di kelompok gw uda ada Cath, Irfan, ama Kevin (Koyim ga diitung, soalnya suka gw ajak buat ga gawe jg hahahaha), plus tambahan 2 volunteer dari NIM atas gw : Moci dan Cicit, jadilah ini kelompok heboh sana-sini : disana kerja, disini ngobrol.😛

Diawal praktikum kelompok kita dibagi jadi 2 kelompok kecil : Cath-Irfan-Kevin dan Koyim-gw-Moci-Cicit. Kelompok yang sangat bertolak belakang.😛

Singkat cerita, hari uda sore jm 16.00 gt, gw uda bosen jalan-jalan ato ngobrol keketawaan ama Koyim (hahahaha kaga gawe aja bosen), uda pengen pulang aja, ntar minjem laporan ke Irfan / Kevin. Tiba-tiba si Cicit manggil sambil menyodorkan labu distilasi yang isinya kristal-kristal gt.

Seinget gw dia bilang gini : “Sel nih, cuci yak”.

Wah gw langsung seger donk, very excited, asik uda bersih-bersih alat, siap-siap mw pulang, uda sore juga kan. Langsung lah gw cuci bersih sebersih-bersihnya itu labu distilasi pake sabun, pake sikat, pake busa, lengkap dah ampe kinclong. Tak lupa dibilas pake aseton kan biar kering dan mengkilat.

Abis itu gw langsung ngadep lagi ke Cicit, memperlihatkan hasil cucian gw.

“Nih cit, uda dicuci bersih, uda ga ada noda setitikpun, silakan dicek”.

Kirain gw dia bakal antusias, eeh gataunya ekspresinya malah syok banget gitu sambil nahan napas, persis kaya di video klip lagu apa tuh yang ada cowo kaget nemuin cewenya lagi selingkuh didepan matanya.

(hening beberapa saat)

Ga lama, dia bersuara, “Sel itu kan kristal kelompok kita ?!”.

Gw, “Hah ?”.

(hening lagi beberapa saat)

Cicit, “Sel itu kan kristal kelompok kita ?!” <—- kata-kata yang sama tapi nada lebih tinggi.

Gw, “Hah?? Iya tapi kan tadi lu suru gw cuci ??”.

(hening lagi beberapa saat, again)

Cicit, “Sel itu kan kristal kelompok kita ?!?!?” <—- kata-kata yang sama untuk ketiga kalinya, memperlihatkan betapa syoknya orang ini.

Gw, “Iya, uda gw cuci nih, beres kan ??” <—– belagak polos.

Cicit, “Maksud gw di re-kristalisasi sel !! Lah ini gmn donk kelompok kita gapunya kristal ???”.

Hah. Gw sempet kaget bentar, tapi langsung tanpa asam-basa eh basa-basi memberikan solusi tersimpel, terbaik, dan tercepat bagi kelangsungan kelompok kita.

Ooow yauda pake datanya Irfan aja…..”.

GHUAHAHAHAHAHAHAHAHAHA

Sejak saat itu mungkin si cicit ini trauma kalo gawe bareng gw hahahahahaha.😛😛

~~~

Dicukupkan dulu sampe sini, pegel nih nulis banyak-banyak hehehe. Smoga terhibur !😀

Sampe jumpa di semester berikut : semester 4.

Sekian,

GBU

🙂

~~~

cerita dari semester yang lain🙂  :

  1. review semester 1
  2. review semester 2
  3. review semester 4
  4. review semester 5 part 1
  5. review semester 5 part 2
  6. review semester 6 part 1
  7. review semester 6 part 2
  8. review semester 7 part 1
  9. review semester 7 part 2
  10. review semester 8

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: