(sengit) sarjana sains vs anak kelas 4 SD :P

9 Jan

Sabtu, 9 Januari 2010.

Kemaren gw diminta ade gw ngajarin dia satu soal PR matematiknya :

berapa luas daerah yang TIDAK diarsir ?

Hahaha. Gw yakin 99,99 % mahasiswa seluruh Indonesia pasti bisa ngerjain soal ini tanpa harus bergelar sarjana matematik.

Tapi pertanyaannya adalah : berapa persen yang bisa ngajarin anak 4 SD sampe bener-bener ngerti ??

Pertama-tama, gw tanya ade gw uda diajarin tentang luas segitiga blm ? dia bilang BELOM.

“Hah?”, belum diajarin tapi uda dijadiin PR ? Hmmmm…

“Tapi uda diajarin cara nyari luas segiempat (ABCD) ?”. Dia jawab udah.

Oke, lumayan gampang neranginnya. Langsung aja gw bilang, cara nyari luas yang putih yauda tinggal luas segiempat ABCD dikurangin luas 2 segitiga yang biru.

Ade gw cuma diem sambil mengernyitkan dahi, yang gw tangkep artinya kayanya blm ngerti kata-kata gw barusan.

Gw ulangi lagi as slow as possible : kalo luas yg putih…..adalah…luas 1 segiempat ABCD…dikurangi….luas 2 segitiga yang biru….

Gataunya dia masih bingung, “Kenapa dikurangin? bukannya ditambah ??“.

————

Hah kaget la gw, ternyata logikanya blm nyambung ama perkataan gw. Gw berpikir keras gimana ini nyari perumpamaannya. Hmmm…

Karena gw inget tadi pagi baru makan koko crunch, langsung aja gw suru dia,  “Michelle coba ambillin susu ama gelas yang bening”.

Hahaha. Inilah alat peraga gw :

gelas dan susu

“Nah, kalo Michelle punya gelas kosong ini, trus dituangin susu sampe tinggi segini….

….ruang kosongnya BERKURANG atau BERTAMBAH ??”

Ade gw, “Ooh berkurang..”

Okee 1 masalah selesai (hahaha!). Lanjoot !

“Sekarang liat gelas berisi susu ini. Gimana cara Michelle nyari tinggi ruang yang kosongnya ini (garis item) ??”

gmn cara nyari tinggi yang ga keisi ama susu ?

Ade gw, “Caranya…hmmmm…tinggi gelas dikurangin tingginya susu segini (garis merah)? “.

Okeeee mantap, puji Tuhan haleluya !! *kesabaran sungguh sangat diuji.😛

“Nah balik ke soal yang tadi..jadi gmn cara nyari luas yang ga diarsir ??”.

Ade gw, “Dikurangin…”.

Gw, “Okee dikurangin, betulll… mana dikurangin mana ??”.

Ade gw, “mmmm… 8 dikurangin 3 ya ??“.

GUBRAK !!

Gw langsung lemes lagi…

*Yang ade gw sebutin barusan adalah panjang dikurangi lebar. (rumus apa tuh hahahahaha).

————-

Gw langsung berpikir keras lagi. Perasaan tadi uda sangat pelan dan sangat jelas perumpamaannya tapi koq belum ngena juga. Gw jadi stress sendiri. Ckckckck. Sarjana sains dibuat stress ama anak kelas 4 SD. 😛

Gw langsung ngambil kertas kosong ama bolpen biru.

“Liat nih, misalkan Michelle punya lapangan nih ya, lapangannya bentuk kotak….trus Michelle pengen bikin kolam renang di lapangan itu..”.

“Nah, lapangan sebelah kiri sini ceritanya mau dibikin kolam aer anget !! Luas lapangan yg keringnya berkurang atau bertambah ??”

Ade gw, “Berkurang”.

*fyuuhhh*

Lanjooot !

“Terus di kanan mau dibikin kolam aer dingin !! Luas lapangannya yang keringnya bertambah ato berkurang ??”.

Ade gw, “Makin berkurang”.

*yeaahh !!*

Pertanyaan final gw untuk kasus kolam renang ini : “Mana dikurangin mana ?????”

Ade gw : “Luas lapangan tadi dikurangin luas 2 kolam renang ini”

YEAAAAAHHHH  !!! Puji Tuhan sang empunya semesta alam !!

*Hahahaha sangat lega akhirnya anak ini ngerti maksud gw.😀

“Okeee bagusss ( <— pura-pura muji biar semangat)…sekarang balik lagi ke soal yang tadi….

….gimana cara nyari luas daerah yang ngga diarsir ..??”.

Ade gw, “Hmmm…luas segiempat dikurangin luas 2 segitiga yang biru…”.

Gw, “HAAAAAALELUYAAAAAAAAAAAAA puji Tuhan !! Glory-glory Haleluyaaaaaaaa !!!!”.

*sangat lebay mode ON*

Gw, “Gimana caranya coba ?”.

Ade gw, “brarti… 8 x 3 dikurangin 2 x ( setengah x 4 x 3 )…”.

Langsung aja gw tereak  : “Yeaaah !! YOU GOT IT RIGHT, dude !!!!”.

Hahahahaha….

———

Bener-bener geregetan neranginnya. Jadi gini tho perasaan dosen-dosen pas ngajarin gw yang kaga ngarti-ngarti …PASRAH…??😀

Satu yang gw tangkep adalah, untuk ngajarin anak kecil, ato orang yang level pendidikannya jauh lebih rendah daripada kita, diperlukan kesabaran dan kreatifitas yang luar biasa. Hehehe.

———

Sekian,

GBU

🙂

2 Responses to “(sengit) sarjana sains vs anak kelas 4 SD :P”

  1. malicemrc January 12, 2010 at 8:28 pm #

    betul kak ! soal pilihan gandanya pa reyn…dan semua jawaban ada (dikurangin,ditambahin,dikali,dibagi). hahghahahahha
    waah si bill mangindaan ? mantap donk dia ?? ckckckckc

  2. Grace January 11, 2010 at 6:42 pm #

    Yang ade lu sebut 8-3 itu pasti cuma karena liat-liat angka yang ada aja..
    Kaya klo kita dapet soal fisika nya Pak Reyn dulu tuh…klo lupa rumus ya semua angka yang ada di soal ditambah, kurang, bagi, kali siapa tau ada jawabannya di pilihannya..😛

    Ya begitulah ngajarin matematika..apalagi kalo soal cerita..beuh bikin makan ati ngajarinnya…hehehe, untung sekarang dd gua udah kuliah tingkat 3 dan tampaknya lebih pinter dari gua sekarang mah😕

Leave a Reply

