review__petualangan Marcell bersama teman2nya di ITB : semester 5 (part 2-end)

28 Jan

part 2 ini sambungan dari postingan sebelumnya😀

~~~

AGAMA dan ETIKA PROTESTAN

Akhirnya di tahun ketiga ini gw BERAGAMA juga hahahahaha.

Gw ga akan cerita banyak materinya disini, tapi yg gw suka dari kuliah ini adl tugas-tugas yg dikasih selalu menuntut kita untuk berfikir lebih mendalam dan meluas dari segala sisi. Jadi ga ada yang sifatnya hafalan (ada sih tp dikit), materinya lebih banyak eksplorasi permasalahan aja.

Oke gw kasih contoh soal-soal dari tugasnya yg menurut gw asik untuk didiskusiin.

1. Jika Anda sekarang menjadi seorang asisten. Dan nilai yang Anda berikan sekarang tidak hanya menentukan lulus atau tidak lulus mata kuliah tersebut namun menentukan seseorang di DO atau tidak. Sedangkan sang mahasiswa tidak pernah mengikuti kegiatan yang Anda asistenkan itu. Apa yang akan Anda lakukan? Dengan pertimbangan perguruan tinggi Anda adalah perguruan tinggi berkualitas dengan lulusan berkompeten, sedangkan sang mahasiswa tersebut hanya menyisakan satu kuliah tersebut dan dia dapat di wisuda setelah lulus mata kuliah itu.

2. Pada saat wisudaan, tepatnya pada prosesi arak-arakan. Terjadi perkelahian antara teman-teman jurusan Anda dengan jurusan lain. Permasalahannya dipicu oleh teman-teman jurusan Anda. Ada teman Anda yang terluka. Apakah yang akan Anda lakukan? Pertimbangan “Setia Kawan” dan peraturan PT serta skors/ DO.

3. Apa penilaian Anda tentang seorang cewe yang lebih dulu mengungkapkan perasaannya terhadap cowo? beretika atau tidak?

4. Pada saat Anda di dunia kerja dimana tempat Anda bekerja banyak praktek korupsi, baik dari jajaran paling atas hingga ke bawah. Apa yang akan Anda lakukan?

dan lain laiin..😀

+++++++++++++++++++++++++

KOMUNIKASI PEMBANGUNAN

Hahahaha…baru nulis judul matakuliahnya aja gw uda cengengesan sendiri. Yap, dari judulnya, matakuliah ini nampak abstrak. Apa sih definisi dari ‘komunikasi pembangunan’ ? gw jamin semua yang pernah ngambil mata kuliah ini pasti gatau. Emang si bapak pernah ngasitau? Hahaha…

Dosen untuk matakuliah ini adalah Pak Chairil Siregar. Komentar gw cuma satu : kocak !! hahahaha….bener-bener dosen favorit gw. Segala kepenatan dari kuliah di prodi kimia mendadak ilang pas ikut kuliah dari sostek ini. Segala macam banyolan dikeluarin kayak ga abis-abis. Bahkan pernah satu kali dia ngebanyol teruuuuuus ga brenti-brenti ampe akhirnya gw ga ngerasa tiba-tiba uda 2 jam kuliah…yaaahhh pulang deh…hahahaha luar biasa😀

Nih tampang tu dosen :

Dia juga suka bikin istilah-istilah baru yang aneh dan bodor !! Singkatan-singkatan yang gw inget ada beberapa :

4L = lu lagi lu lagi

Celup lanang = cepat lupa lambat nangkep

Matematika = makin tekun makin tidak karuan

FISIP = fakultas ilmu santet dan ilmu pelet (HAHAHAHA)

dan banyak lagi, cuma gw lupa😀

————-

Gw juga inget ada cerita bodornya dia sih yang rada berbau sara hahahaha tentang bedanya mahasiswa Batak ama Cina. Jadi dia bilang pokonya biasanya di kampus yang pinter-pinter tu yang matanya segaris doank. Mereka tuh sangat hebat, keliatannya aja tidur dikelas, tapi nilainya A melulu.

Bandingin ama orang-orang Batak. Udah sampe duduknya didepan, meratiin dosennya sambil melotot, tapi tetep aja ga lulus-lulus. Ya kan? Peratiin aja tuh kalo pengumuman cumlaude. Pasti yang dapet yang matanya segaris-segaris semua. HAHAHAHAHAHAHA gebleg !! :))

———–

Trus ada lagi. Dia cerita kalo dulu pas jaman-jaman dia kuliah, dia sengaja milih kos yg campur. Tujuannya jelas : biar berbaur ama cewe-cewe hahahaha coba bandingin ama kosan khusus cowo. Pasti kamar mandi pasti kotor, suasananya berisik, trus bau keringet pula. Kalo kos campur kan enak. Apalagi kl ngekosnya deket-deket universitas swasta yang banyak Cina-nya. Wooo pasti betah diem di kosan. Pemandangannya enak, banyak putih-putih cantik lewat, serasa lagi di Hongkong HAHAHAHAHA trus wangi, harum, damai, tentram…kan jadi betah.

Kalo sekosan cowo semua wuaaaa suram. Stress pasti. Pengen berantem terus bawaannya HAHAHAHAHAHA :))

———–

Tentang tugasnya, yg gw inget adl tugas presentasi perkelompok itu. Kelompok gw kebagian tema “Teknologi Tepat Guna”. Dan tanpa diragukan lagi, nara sumber yang gw undang adalah Pak Kaka. Heheheeee. Hampir semua materi berasal dari idenya dia sendiri. Dan kata kelompok gw, dia baru bikin slide presentasinya di ruang kompem itu..beberapa menit sebelum presentasi…luar biasa !

Oke kita explore lagi tentang Pak Kaka di mata kuliah berikutnya😀

=========================

KIMIA FISIK III

KF III (sekarang jadi materi KF I) ini gw kedapetan kelas Pak Kaka. Beberapa temen uda ngambil duluan mata kuliah ini pas SP kmaren, jadi peserta kelasnya tinggal dikitan. Hehehe. Tentang dosen ini, pertama sih denger-denger kalo ini adalah dosen terbaik di kimia..hmm…ternyata bener juga sih. Cara ngajarnya mantap, tampak pengertian kalo mahasiswanya pada ga ngerti apa yang dia omongin. Macam macam istilah, analogi, bahkan gerakan tangan yang kocak dijadiin bahan buat mendemostrasiin gerakan elektron.

Kalo si bapak uda gerak-gerakin tangan segala macem gitu, kita cuma bisa bilang dalem hati “eaa..eaaa.eaaaa” hahahahaha😛

As you can see, bapak ini berpenampilan sederhana. Badan boleh kecil tapi isinya otak semua hahahahaha. Sambil ngajar dia bisa bikin modul. Ckckck. Oia, bapak ini juga suka tiba-tiba ngangkat telepon kalo lagi ngajar. Pernah pas lagi nerangin materi, tiba-tiba ada bunyi HP. Wah gw terganggu donk, lagi serius-seriusnya belajar (waeee).

Langsung aja gw, “ssstttttt !”.

Eh gataunya yang bunyi itu hapenya si bapak. Dan ga pake permisi ato izin ke kelas, dia langsung ngambil tu HP dari sakunya dan langsung, “ya halo?ya?gimana?halo?”.

Saking cepetnya kejadian itu, suasananya jadi gini

“….perhatikan bagian ini sangat penting, bisa kita lihat kalo teori orbital molekul ini didasari dari teori sebelumnya yaitu halo?ya?apa?gimana?lagi dikelas.ya.oke…..”

hahahahaha

—————

Tapi ga ada gading yang ga retak. Setiap manusia memiliki apa yang namanya kedodolan, meskipun cuma dikit hahahaha. Gw inget pernah si bapak dengan cueknya ngangkat telpon dari HP flip nya itu. Tampilannya keren kan kalo orang pas nerima telepon dia buka flipnya dulu trus langsung halo-halo ? nah kejadiannya persis kaya gt.

Lagi ngajar, HP berbunyi, dan dengan kecepatan tinggi tapi tetap elegan dia buka flip HPnya dan langsung halo?halo?. woooo keren. Tapi 2 detik kemudian (masih posisi nerima telepon), tu HP tiba2 bunyi lagi hahahahhahaha belom keangkat telponnya rupanya.

Gw yang uda terpesona ama gaya nerima telepon pa kaka tiba-tiba langsung ilfil aja hahahahaha.

—————–

Meskipun gw takjub ama cara ngajar ni dosen, tapi tetep aja kalo dicekokin materi yang asing, lu pasti ngantuk. Itu jg yang kejadian ama gw. Entah kenapa tiap denger kata-kata ‘schrodinger’, ‘persamaan elektron’, dan semacamnya itu gw langsung ngantuk. Pernah gw waktu lagi duduk di POJOK DEPAN deket papan tulis, gw ketiduran. Tapi dasar dosennya yang baek banget, gw ga diapa-apain. Inilah yang namanya pengertian.

Artinya, dia juga pas kuliah dulu pasti pernah ketiduran juga hahahaha. Akhirnya bangun-bangun waktu kuliah uda tinggal 10 menit. Langsung aja gw minta izin ke kamarmandi buat nyuci muka dan nyari udara seger. Pas masuk kelas lagi ga pake lama si bapa bilang, “oke hari ini cukup sekian” hahahahaha gw jadi ngeblank😛

Mahasiswa tidur pas kuliah bangun2 langsung ngeblank itu wajar. Sungguh sangat wajar. Tapi yang terjadi ama temen gw ini sangat luar biasa. Ada pernah gw lagi duduk di sebelahnya, eehh dia lagi tidur. Hahaha. Sebagai teman yang baik gw ga ngebangunin donk. Tau sendiri gmn rasanya lagi tidur siang tiba-tiba dibangunin.

Ketika dia tidur, kegiatan belajar mengajar berlangsung seperti biasanya. Di jeda materi si bapak ngomong, “ada yang mau ditanyakan?”

Beeeeuuuuu tiba-tiba aja orang-yang-lagi-tidur-siang-disebelah-gw ini langsung bangun. Kaget kan gw hah ada apa ini. Ga cuma ampe disitu, tapi selanjutnya dia langsung ngangkat tangan !!

Wuedan gw uda melongo aja. Takjub. Bisa-bisanya bangun tidur langsung nanya. Tapi ternyata gw keliru, karena kata-katanya seperti berikut :

“anu pak..menurut saya ada yang keliru dengan teori barusan…”

OMG !! ni manusia ternyata bukan nanya, tp ngoreksi !!! what the…. Baru kali ini gw ketemu orang yang tidur selama kuliah, dan bangun-bangun bisa langsung ngoreksi materi. Tambah cengo aja gw. Gw langsung mikir apa gini cara terbaru mahasiswa menyerap informasi? Yaitu dengan tidur di barisan paling depan???

Nih pelakunya!!😛

Si Athiya pikirannya emang suka diluar nalar manusia pada umumnya hahahaha😀

———————–

Oiya, terakhir dari KF III, Pa Kaka ini pernah ga segan-segan ngoreksi data kesimpulan dari textbook. Hahaha. Sadis ga sih. Jadi waktu itu entah ngebahas apa…trus si bapak, “kalo di buku ini tulisannya seperti ini….menurut saya ini keliru…masa bisa gini? Ini kan bla bla bla bla  bla… jadi buku ini salah, jangan dibaca”

Sades !!! gw sih meneketembreng banget mo bener kek mo salah kek mo aliran sesat kek. Gw ga akan sepenasaran itu ampe bela-belain baca textbook tebel yang isinya elektron semua hahahahaha.

%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%

BIOKIMIA II

Oke, untuk yang terakhir mari kita bahas kuliah biokimia. Setelah semester kemaren merasakan kediktatoran Pa Rukman, kali ini Bu Fida memberikan suasana kuliah yang pro rakyat. Artinya, rakyat dibebaskan mw ngapain : pas kuliah mw tidur kek, mw nyimak kek, mw foto-foto kek, semuanya boleh. Si ibu ga ambil pusing apakah kita uda ngerti materinya ato belom.

Yang sangat terasa dari kuliah ini adalah penyampaian materi yang kurang. Si ibu udah mah suaranya kecil, banyak gagunya juga.

“enzim ini…emmm…ngiket substrat….trus….emmmm….ada inhibitor….trus…mmmmm….gmn ya…..yagitudeh….”

kecewaaaa…

Kata orang, kalo ada yg ngomongnya gagu ky gtu (mmm…ehmm….emm….) itu artinya kecepatan berpikir ga sama dengan kecepatan berbicara.

Dengan segala hormat, kayanya ini yg terjadi ama ibu. Gatau juga dink. hehehe.

————-

Well, apa reaksi lu kalo denger dosen yang suaranya kecil, banyak gagunya, plus materinya susah ??

Yap…TIDUR.

pules banget bos😛

bahkan ketua angkatan !

dan yang duduk paling depan !!

hahahaha. Gara-gara si ibu cara ngajarnya kaya gitu, ampe banyak yang ketiduran di kelas. ckckckckck

Akibat lainnya adalah, materi yang nempel di otak pun sangat sedikit. Gua pribadi pun cuma inget SATU nasehat dari Bu Fida : kalo abis makan banyak, jangan lupa minum aer putih yang banyak juga biar ga kena asam urat..

oke bu, sangat aplikatif !!😀

——————-

Mengenai praktikumnya gw punya satu cerita gila. Mirip-mirip debus gtlah hahahahaha gw selalu ketawa sendiri kalo nginget kejadian ini🙂

Ceritanya terjadi pada modul aseptik. Yap, dalam metode aseptik kita diharuskan kerja hati-hati, jangan sampai ada mikroorganisme lain yang masuk ke sampel kita soalnya nanti akan jadi kontaminan.

Nah, cara pengerjaan aseptis umumnya make yang namanya api (dari bunsen).

Selain api, yang harus ada juga adalah alkohol 70%. Biar makin steril !!

Prosedurnya adalah, sebelum nanem bakteri/mikroorganisme kita di cawan petri/tabung reaksi bertutup, kita sewajarnya :

1. menyemprotkan alkohol ke sekeliling area kita bekerja

2. menyalakan api dari bunsen

3. menyemprotkan sedikit alkohol ke tangan kita

4. mulai bekerja di dekat api tersebut.

——————-

Oke ! Suasana praktikum siang itu terasa sangat damai tentram bersahaja. Semuanya berjalan lancar, sampai salah satu praktikan yang juga sekelompok ama gw mau demo aseptik.

Kata dia, “eh gw nyobain donk !”

yo monggooo…” gw mempersilahkan

Majulah dia dengan semangat melawan penjajah ke meja kerja, semprat-semprot alkohol dan sukses menyalakan bunsen dengan skilnya yang tinggi.

Tapi tiba-tiba….hahahaha…

dia nyemprot alkohol ke tangannya dan si tangannya itu diarahin ke api bunsen !!!!

BHUAAAAAAAAAHAHAHAHAHAHAHA

Bisa ketebak, yang terjadi adalah si api pindah dari bunsen ke tangan dia !! bahasa kerennya adalah TANGAN BERAPI

HAHAHAHAHAHA.

Kejadian langka yang hanya terjadi 700 tahun sekali dengan perbandingan 1 berbanding sejuta manusia ini sayangnya ga sempet gw tangkep pake kamera hahahahahaha tapi gw rasa gambar diatas uda cukup representatif akan kejadian sebenernya HAHAHAHAHAH.

Entah terinspirasi Rasengan-nya Naruto

Ato pesulap jaman dulu van Buren

Pokonya sejak saat itu si mahasiswa dikenal masyarakat luas sebagai Kevin Copperfield BHUAHAHAHAHAHAHA

—————————-

Uwoooooooooooooooooooo ga kerasa gw nulis puanjang banget.

Disudahi dulu ya semester 5 ini.

Selamat membaca, semoga terhibur🙂

GBU

🙂

~~~

Cerita dari semester yang lain🙂  :

  1. review semester 1
  2. review semester 2
  3. review semester 3
  4. review semester 4
  5. review semester 5 part 1
  6. review semester 6 part 1
  7. review semester 6 part 2
  8. review semester 7 part 1
  9. review semester 7 part 2
  10. review semester 8

16 Responses to “review__petualangan Marcell bersama teman2nya di ITB : semester 5 (part 2-end)”

  1. malicemrc March 30, 2012 at 11:30 am #

    salam kenal juga, Venessa
    terimakasih buat feedbacknya,
    dan nantikan tulisan semester berikutnya ya😀

    Hay Marcel..perkenalkan, gw Venessa, Mikrobiologi ITB 2007.
    Gw baru terdampar di blog lo dan blog lo sangat sangat sangat menghibur. Bikin gw flashback ke jaman-jaman kuliah dan praktikum KA, KO dan Biokim.
    Thank you yaa udah bikin gw sukses nostalgia malam ini. Ayoo nulis terus yaaa

  2. venessa March 8, 2012 at 11:31 pm #

    Hay Marcel..perkenalkan, gw Venessa, Mikrobiologi ITB 2007.
    Gw baru terdampar di blog lo dan blog lo sangat sangat sangat menghibur. Bikin gw flashback ke jaman-jaman kuliah dan praktikum KA, KO dan Biokim.
    Thank you yaa udah bikin gw sukses nostalgia malam ini. Ayoo nulis terus yaaa🙂

  3. malicemrc September 30, 2011 at 4:27 pm #

    wow mantap, selamat datang la ya😀

    sebenernya udah baca blog ini dari lama banget…sebelum masuk ITB…..dan voilaaaaaaaaaaa sekarang gue udah di ITB ….anak TPB FMIPA yang berkeinginan untuk masuk prodi Kimia.wkwkwk

  4. imana September 27, 2011 at 12:37 pm #

    sebenernya udah baca blog ini dari lama banget…sebelum masuk ITB…..dan voilaaaaaaaaaaa sekarang gue udah di ITB🙂 ….anak TPB FMIPA yang berkeinginan untuk masuk prodi Kimia.wkwkwk

  5. malicemrc May 18, 2011 at 3:22 pm #

    thanks, senang bisa menghibur😀
    btw maksudnya blogging apa ya? bukannya ini udah blogging ? hehe

    bikin ngakak banget kak ceritanya😄 coba blogging deh kak

  6. amila lalula May 17, 2011 at 6:25 pm #

    bikin ngakak banget kak ceritanya😄
    coba blogging deh kak

  7. malicemrc September 25, 2010 at 11:30 pm #

    hahaa makasi🙂

    lucu bgt… coba bikin cerpen ato apa kek…

  8. henny September 23, 2010 at 3:55 pm #

    lucu bgt… coba bikin cerpen ato apa kek…

  9. malicemrc August 22, 2010 at 6:41 pm #

    waduh jadi gaenak, resiko ga ditanggung ya hahahaaa :))

    gila. abis baca muntaber gw..ka marsel kocak parah.

  10. Alvinda August 22, 2010 at 3:19 pm #

    gila. abis baca muntaber gw..ka marsel kocak parah.

  11. malicemrc March 9, 2010 at 4:51 pm #

    siiiiiiip dah…hahaha🙂

  12. marini March 9, 2010 at 2:31 pm #

    yup.. tar kalo gw lagi butuh hiburan seger keknya harus baca” blog lu deh..😀

    hehehe.. iya 05,, dulu gw sempet d astro,,

    iya,, bener banged tuh,, gw aj diajarin fisika m dy typ hari jumat di Perpus pusat..

    tp yg ada gw cuma ngeliatan dia dari jarak deket aja..
    ahahhaa konyoL deh pokonya..
    kasian dianya ngajarin gw tp gak ngert”.. :))

  13. malicemrc February 24, 2010 at 10:08 pm #

    hai marini, salam kenal deh gan, eh sis hahaha😀
    makasi uda mampir, baca, sampe ninggalin komen🙂
    jgn lupa baca yg semester-semester sebelumnya ya😀😀

    gw tau tuh si thomas alfa edison itu, kepintarannya kan uda terkenal ama seluruh anak MIPA 2005 pas TPB. Kl tutor fisika ama dia hahahaha
    lu angkatan 05 jg? jurusan apa??

    anyway yaitulah bedanya orang yg “tidur beneran” ama “tidur sambil nurunin rumus” hahahahaha

    thx again yak😀

  14. marini February 24, 2010 at 9:46 pm #

    entah gimana ceritanya gw bisa terdampar disini..🙂

    huhu keren gan..!!

    biasanya gw gak bisa baca tulisan sebanyak ituh tapi sumpah tulisannya ga ngebosenin..nice job

    gw jg pernah ngalamin tuh cerita orang yg tidur tiba2 ngoreksi..
    cuman dia ngoreksi jawaban soal yg pjg jwbannya udah ngabisin tiga papan tuliss.. wkt TPB pas Fisika Dasar..

    pelakunya Thomas Alfa Edison (FI’05).. padahal sebelumnya dia lagi ngedata yg beli buku ke dia,ngitung uang jualan donat dah gt tidur.. duduknya paling belakang lagi..
    *gw tau bener soalny dudukx pas dsblh gw,,,

    busyeeeett tiba” dia bagun..
    lirik” bentar lgsg angkat tangan..
    “Pak sepertinya perlu ada yang ditinjau ulang lalalalalalal”

    dan ajaibnya ternyata koreksi c thomas ituh emg bener…ckckckckck
    gw ajah yg melek kagak ngarti..

    hahaha emg gw yg bego kali ya.. hihihihi

    keep posting!

  15. malicemrc February 8, 2010 at 3:27 pm #

    hehehe makasiii🙂

  16. gaya February 8, 2010 at 7:36 am #

    hahahahaha…ka marsel nyeritainnya lucu banget….😀😀
    gy3 sampai guling2 bacanyaa😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: